biar kata yang bicara

wellcom in jungle of mind

Sabtu, 02 Oktober 2010

Aku dan Slamet Riyadi


Slamet Riyadi
Siapa yang tak kenal jalan Slamet Riyadi? Nama jalan utama kota Solo itu diabadikan untuk mengenang perjuangan Pahlawan Nasional Slamet Riyadi. Ada dua patung Slamet Riyadi yang berdiri di jalan itu. Pertama di Rumah Sakit Tentara dan satunya di Gladak. Hubungan aku dan Slamet Riyadi apa? Kujawab saja tidak ada hubungan apa-apa antara aku dan Slamet Riyadi.
Cuma, seorang teman iseng melihat patung Slamet Riyadi yang di RS Tentara itu. Begitu bertemu denganku langsung saja ia bilang “Mirip kan……”
Aku bingung.
“Mirip apa?”
“Mirip siapa?”
“Kamu tuh, mirip patung Slamet Riyadi.” Jawabnya dengan terkekeh-kekeh.
“Weladalah, masak sih?” kataku.
Aku tidak memperdulikan sebenarnya. Atau lebih tepatnya memikirkan secara serius. Cuma ya itu tadi. Dia bilang ke teman-teman dan menyuruh untuk membuktikan omongannya.
“Iya mas, kamu mirip patung Slamet Riyadi.”
“Persis tenan, mas.” kata temannya yang lain.
Aku penasaran. Hanya satu untuk membuktikannya. Datang dan melihat patung itu. Sebelum itu, aku cerita dulu kepada keluargaku. Aku cerita, temanku menemukan patungku di RS Tentara Solo. Patung Slamet Riyadi. Ha…ha … semua ketawa, begitu melihat patung di RS itu.
“Iya benar mas, memang mirip”
“Persis”
Tidak saja patung itu. Aku search di internet. Mencari poto Slamet Riyadi. Hasilnya sama. Persis katanya. Yah, mau bagaimana lagi. Kalau memang mirip ya sudahlah. Syukur bisa meneladani kepahlawanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar